Selasa, 19 April 2011

ALAM SEBAGAI JANTUNG KEHIDUPAN MANUSIA


Alam sebagai jantung kehidupan manusia....? ya, tentu saja.., karena alam merupakan lingkungan tempat manusia melangsungkan kehidupannya. Dan alam telah menyediakan segala sesuatu untuk kepentingan semua makhluk hidup yang ada, terutama bagi kepentingan manusia. Akan tetapi, apakah manusia selama ini telah memahami alam dengan baik? Dan Bagaimanakah sesungguhnya, manusia menggunakan serta memanfaatkan alam selama ini??Nah.., hal tersebut tentu sangat perlu diperhatikan.
Tetapi yang sangat memperihatinkan, sesungguhnya tidak banyak dari mereka yang mau memperhatikan alam. Sebagian besar dari mereka malah merusak alam. Kebanyakan dari mereka selalu memperlakukan alam dengan seenaknya sendiri, tanpa memikirkan sedikitpun dampak apa yang akan diberikan alam nantinya, padahal dampak tersebut sangat berpengaruh besar bagi kehidupan mereka sendiri. Kurang nya etika serta moral manusia inilah yang menjadi alasan utama manusia dalam memperlakukan alam tanpa menggunakan hati nurani. Tindakan manusia yang seperti ini harus kita lenyapkan, mengingat seberapa pentingnya alam bagi kehidupan manusia.
Dengan memperdalam etika kita sebagai manusia, yang sebagai mana harus mencintai alam, serta menjaga dan juga melestarikannya, paling tidak dengan semuanya itu dapat meminimkan tindakan buruk manusia dalam memperlakukan alam. Kita tahu etika adalah sebagai kebiasaan hidup yang baik yang diwariskan dari satu generasi ke generasi lain. Etika dipahami sebagai ajaran yang berisikan aturan tentang bagaimana manusia harus hidup yang baik sebagai manusia.
Etika merupakan ajaran yang berisikan perintah dan larangan tentang baik buruknya perilaku manusia.Kaidah, norma dan aturan tersebut sesungguhnya ingin mengungkapkan, menjaga, dan melestarikan nilai tertentu, yaitu apa yang dianggap baik dan penting. Dengan demikian etika berisi prinsip-prinsip moral yang harus dijadikan pegangan dalam menuntun perilaku.
Dan mengacu pada pemahaman tersebut maka etika lingkungan hidup pada hakekatnya membicarakan mengenai norma dan kaidah moral yang mengatur perilaku manusia dalam berhubungan dengan alam, serta nilai dan prinsip moral yang menjiwai perilaku manusia dalam berhubungan dengan alam tersebut.Etika lingkungan hidup berbicara mengenai perilaku manusia terhadap alam dan juga relasi di antara semua kehidupan alam semesta, yaitu antara manusia dengan manusia yang mempunyai dampak pada alam, dan antara manusia dengan makhluk hidup yang lain atau dengan alam secara keseluruhan, termasuk di dalamnya kebijakan politik dan ekonomi yang mempunyai dampak langsung atau tidak langsung terhadap alam.
Pentingnya kelestarian lingkungan hidup untuk masa sekarang hingga masa yang akan datang, secara eksplisit menunjukkan bahwa perjuangan manusia untuk menyelamatkan lingkungan hidup harus dilakukan secara berkesinambungan, dengan jaminan estafet antar generasi yang dapat dipertanggungjawabkan.
Dengan demikian, kehidupan manusia nantinya benar-benar dapat merasakan bagamaimana pentingnya alam bagi kehidupan mereka. Dan setelah itu mereka akan dapat merasakan arti sejati, bahwa alam adalah jantung kehidupan bagi manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar